Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Tari Ketuk Tilu

Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Tari Ketuk Tilu

Siapa yang tidak tahu dengan tari Jaipong yang membawa tarian Indonesia ke kancah internasional dan mendunia. Tapi tahukah sebelum tari jaipong populer ada satu tarian daerah Jawa Barat yang dinilai sebagai cikal bakal dari tarian tersebut yaitu tari ketuk tilu.

Dilansir dari laman Wikipedia, tari ketuk tilu adalah salah satu tarian khas suku Sunda yang dianggap sebagai cikal bakal tari jaipong yang lebih populer. Tarian ini mengandung unsur tari dan pencak silat yang dilakukan oleh para laki-laki dan perempuan secara berpasangan untuk menunjukan eksistensinya.

Baca Juga :   TAHUN KEMBAR ! TERNYATA TERJADI 5 PERISTIWA INI DI PULAU JAWA SEBELUM 2020

Sedangkan berdasarkan situs resmi kemlu.go.id, suku Sunda zaman dahulu mementaskan tari ketuk tilu sebagai bentuk kegembiraan dan wujud syukur untuk menyambut datangnya hari panen padi. Sebelum tarian dimulai, akan ada berbagai alat musik tradisional khas Sunda yang mengiringinya.

Bahkan, nama tari ini sendiri sebenarnya berasal dari bunyi tabuhan tiga buah bonang yang menjadi pengiringnya, yaitu pola rebab, kendang indung (gendang besar), dan kendang kulanter (gendang kecil). Untuk menambah kemeriahannya, tarian ini juga sering diiringi alat musik gong dan kecrek.

Baca Juga :   Sampah Satu Ini Diam-Diam Ngancam Hidup Kita!

Awalnya tari ketuk tilu masih disajikan dalam upacara meminta hujan, ngalokat cai, panen padi, dan upacara hajat bumi. Tapi berkaitan dengan perkembangan zaman, maka tari ini bergeser fungsinya dari ritual menjadi hiburan dan kebahagiaan. Dimana ini biasa ditampilkan pada ruang terbuka atau tertutup dalam rangka perayaan, festival, atau ngamen.

Tak hanya itu, tarian ini kini juga dijadikan sebagai mata penceharian oleh sebagian orang seperti para kelompok tari ketuk tilu yang tersebar di wilayah priangan Jawa Barat. Dimana tarian ini banyak tersebar di berbagai daerah wilayah Priangan, Purwakarta, dan Bogor.

Baca Juga :   Tips Belajar Kelompok yang Efektif dan Menyenangkan

Di sisi lain, tari ketuk tilu dikenal dengan beberapa nama di setiap wilayah seperti doger (Karawang), banjar (Subang), dan longser (Sumedang).

Dalam tarian ini dikenal istilah 3G, yaitu; Geol, Gitek, dan Goyang. Dimana gerakan tersebut melambangkan kesuburan sehingga meliputi gerakan sebagai berikut :

Artikel Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Tari Ketuk Tilu .

editor

Artikel ini sudah tayang dengan judul Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Tari Ketuk Tilu yang diposting pada October 21, 2022 di website GMC | Media Informasi Dalam Dunia Pendidikan